Alam jin: Manusia lebih mulia daripada jin

Bab pertama

Alam jin

Kelima:

Mana yang lebih mulia antara manusia dan jin? Saya tidak ragu lagi untuk mengatakan bahwa manusia lebih mulia daripada jin. Bahkan sebagian 'ulama kita mengatakan bahwa manusia lebih mulia dari Malaikat, walaupun hal ini masih diperselisihkan (14). Akan tetapi tentang jin, saya belum pernah menemukan perselisihan di antara para 'ulama bahwa manusia itu lebih mulia kedudukannya daripada jin.

Adapun ketaqwaannya, maka berlakulah keumuman firman Allah dalam Qur-an surah al-Hujuraat ayat 13:

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Manusia yang durhaka dengan jin yang taqwa, lebih mulia jin. Apabila ditinjau dari jenisnya, maka tidak diragukan lagi bahwa manusia itu lebih mulia daripada jin, dalilnya adalah firman Allah dalam Qur-an surah al-Baqarah ayat 34:

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat, 'Sujudlah kamu kepada Adam,' maka sujudlah mereka kecuali iblis, ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir."

Oleh karena itu apabila ada manusia yang memohon pertolongaan kepada jin, maka ia membuat jin semakin sombong, takabur dan besar kepala. Allah berfirman dalam Qur-an surah al-Jin ayat 6:

"Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta pertolongan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan."

Ayat ini juga menunjukkan bahwa jin itu ada yang laki-laki dan ada yang perempuan, sama seperti manusia, sebagaimana yang akan saya terangkan, insya Allahu Ta'ala.

Ayat ini juga menceritakan perbuatan orang-orang jahiliyah, yakni apabila mereka hendak melewati suatu lembah, mereka memohon kepada penunggu lembah tersebut (yaitu jin) supaya mereka dapat terhindar dari marabahaya. Perbuatan ini persis seperti yang dilakukan sebagian kaum kita. Ketika sebagian kaum kita hendak membangun jembatan, maka disediakanlah kepala kerbau untuk memohon perlindungan dari marabahaya kepada penunggu jembatan tersebut dan yang seperti ini banyak sekali. Jika mereka hendak buang air kecil di pohon-pohon yang dianggap keramat dan ada penunggunya dari kalangan jin, mereka harus mengucapkan "numpang-numpang" sebanyak tiga kali, begitulah yang terjadi pada kaum kita.

Perbuatan-perbuatan seperti itulah yang membuat jin semakin besar kepala dan bangga. Mengapa manusia yang lebih mulia meminta kepada yang lebih rendah darinya? Padahal telah kita ketahui di atas bahwa manusia lebih mulia daripada jin dan apabila seseorang memohon pertolongan kepada yang lainnya, berarti dia telah merendahkan diri kepada orang yang dimohonnya itu.

Ayat yang mulia ini memberikan pelajaran yang sangat tinggi sekali kepada kita, agar kita tidak sekali-kali meminta perlindungan kepada jin.

===

(14) Lihat kitab Tafsir al-Qurthubi ketika menafsirkan surah al-Baqarah ayat 34, kemudian Syaikh Abu Bakar al-Jazairi dalam kitabnya 'Aqidatul Mu'min halaman 218 berkata:
"Jin itu lebih rendah derajatnya dan kemuliaannya dari manusia, walaupun jin yang shalih sekalipun, berdasarkan firman Allah:
'Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rizqi dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluq yang telah Kami ciptakan.' (Qur-an Surah al-Israa': ayat 70)
Belum pernah ada pemuliaan seperti ini dalam satupun kitab-kitab suci, maupun dalam sabda seorang Rasul dari Rasul-rasul Allah 'alaihimush shalatu wa sallam.

===

http://baitulkahfitangerang.blogspot.com/

daun bidara, daun bidara cina, jual daun bidara, kegunaan daun bidara, khasiat daun bidara, khasiat daun bidara, khasiat daun bidara, khasiat daun bidara, khasiat daun bidara, khasiat daun bidara, khasiat daun bidara, khasiat daun bidara, mandi daun bidara, manfaat daun bidara, pokok daun bidara, serbuk daun bidara,

Popular Posts